pengaruh perilaku politik terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia






Assalammualaikum para pembaca. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengaruh perilaku elite politik terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia.


Pada dasarnya, kata politik tidak akan lepas dari peran pemerintah. Politik dan pemerintah seakan menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pemerintah merupakan tangan kanan rakyat dan pemerintah juga tempat rakyat untuk menyampaikan aspirasi/pendapat. Pemerintah juga bertugas untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera serta berkecukupan bagi rakyatnya. Namun, tidak semua pemerintah yang menjalankan tugasnya dengan baik. Banyak sekali pemerintah yang lalai akan tugasnya. Misalnya saja pemerintah yang tersandung kasus korupsi. Karna tergiur akan banyaknya harta benda, pemerintah gelap mata dan menggunakan uang rakyat untuk kepentingan pribadi. Uang yang seharusnya digunakan untuk membantu fakir miskin atau orang yang tak mampu, kini uang tersebut justru masuk ke kantong pemerintah yang jelas-jelas sangat berkecukupan. Istilah yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin pun marak di utarakan oleh masyarakat. Seharusnya kita itu harus sadar dan wajb ketahui bahwa dampak tindakan korupsi itu mempunyai dampak yang kronis ( dampak yang akan berpengaruh ke seluruh lapisan ). Dampak yang akan dirasakan diri sendiri sebagai pelaku korupsi, dirasakan juga oleh orang lain, dan lebih-lebih akan lebih dirasakan oleh bangsa dan Negara Indonesia. Diantaranya :

·       1) Fakir miskin di Indonesia akan semakin banyak, karna uang yang seharusnya digunakan untuk membantu mereka di pindah tangankan  oleh pemerintah
·           2) Berkurangnya pendapatan Negara serta rusaknya struktur pemerintahan dan moral bangsa.
·       3) Sedangkan bagi para koruptor, mereka tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain. Mereka sudah di cap / dinilai jelek dimata orang. Mereka juga pasti akan diikuti rasa bersalah karna sudah memakai uang rakyat yang sama sekali bukan milik mereka. Kemudian uang tersebut di gunakan untuk menghidupi keluarga nya. Dengan kata lain, para koruptor menghidupi keluarganya menggunakan uang haram.


Sudah banyak Undang-Undang dan lembaga baru yang dibuat dan dibentuk untuk menghentikan korupsi. Namun untuk menghentikan korupsi akan semakin sulit mengingat tidak ada perasaan jera dan keinginan untuk merubah sikap dari para pemerintah. Jadi menurut saya, solusi yang harus dilakukan untuk menghentikan korupsi adalah lebih di tekankannya pembentukan diri untuk menjadi pemerintah agar korupsi tidak lagi terjadi. Dan juga tim-tim pemberantas korupsi harus lebih banyak agar para koruptor tidak mempunyai ruang gerak lagi untuk melakukan korupsi.
 

Demikianlah pembahasan saya mengenai pengaruh perilaku elite politik terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Terimakasih sudah membaca …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

One Direction Ke Indonesia Maret Nanti

PARALLEL COMPUTATION

Tugas Softskill