Pengaruh dan Dampak Globalisasi



Assalammualaikum para pembaca. Kali ini, saya akan membahas mengenai Pengaruh Globalisasi terhadap Lingkungan. Tapi sebelum kita membahas pengaruh globalisasi, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Globalisasi….

Menurut saya, Globalisasi sering diartikan sebagai interaksi antar manusia di muka bumi yang sudah semakin intensif di berbagai bidang tanpa mengenal batas wilayah. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi, dan pertahanan keamanan. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya.

Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh besar bagi kehidupan suatu negara termasuk negara kita Indonesia. Banyak sekali pengaruh globalisasi di berbagai bidang yang sudah terjadi. Terutama dikalangan anak muda. Di jaman sekarang, semua anak muda seakan-akan berlomba-lomba dengan mengikuti budaya barat. Padahal, kita juga sudah mempunyai budaya sendiri, dan budaya barat cenderung berbeda haluan dengan budaya bangsa Indonesia. Pengaruh tersebut membuat anak muda Indonesia kehilangan jati diri mereka. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari anak muda sekarang. Dari cara berpakaian banyak remaja-remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Padahal cara berpakaian tersebut jelas-jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa. Begitu pun dalam bidang teknologi dan komunikasi, siapa remaja yang tidak mengenal internet ? Bagi anak muda, internet sudah menjadi santapan mereka sehari- hari. Jika digunakan secara semestinya tentu akan memperoleh manfaat yang berguna. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya. Misal untuk membuka situs-situs porno, bahkan sampai terkena penipuan. Bukan hanya internet saja, ada lagi pegangan wajib mereka yaitu handphone, apalagi sekarang ini mulai muncul handphone yang berteknologi tinggi. Mereka justru berlomba-lomba untuk memilikinya. Selain pengaruh, globalisasi juga mempunyai dampak positif dan negatif terhadap masyarakat..

Dampak positif dari globalisasi diantaranya :
    - Kemudahan untuk mengakses banyak hal sehingga kita pun bisa mengetahui berbagai macam budaya di dunia
     - Terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja yang banyak dan meningkatkan devisa suatu negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa sehingga tingkat kemiskinan akan berkurang.
     - Kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti disiplin yang tinggi serta IPTEK dari negara lain yang sudah maju untuk meningkatkan kedisplinan bangsa. Serta kita juga dapat bertukar ilmu pengetahuan tentang budaya suatu bangsa.

Selain dampak positif, ada juga dampak negatif dari globalisasi. Diantaranya :
     - Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (baik itu minuman, makanan, pakaian, dll) yang membanjiri Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya jati diri bangsa kita. Maka hal ini akan menghilangkan beberapa perusahaan kecil yang memang khusus memproduksi produk dalam negeri.
     -Anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai Bangsa Indonesia, dilihat dari sopan santun mereka yang mulai berani kepada orangtua, hidup bebas, dll.
3 - Adanya kesenjangan sosial antara yang kaya dan miskin.Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan dan dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.
     - Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan sikap ketidakperdulian sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan perduli dengan sekitarnya.

Sekian pembahasan saya mengenai pengaruh dan dampak globalisasi. Terimakasih sudah membaca……

Komentar

Postingan populer dari blog ini

One Direction Ke Indonesia Maret Nanti

PARALLEL COMPUTATION

Tugas Softskill