ANALISA PROGRAM PADA PEMROGRAMAN JARINGAN


  1. GET IP

Penjelasan dibawah ini merupakan penjelasan bagaimana cara untuk mendapatkan alamat IP Address pada pemrograman jaringan dengan menggunakan Java. Berikut source code beserta dengan penjelasannya :

Pertama program akan mengimport seluruh fungsi yang terdapat dalam library java.net dengan menggunakan syntax import.java.net. Kemudian terdapat method  InetAddress yang di simpan ke dalam variabel Host dan harus bernilai null (kosong), Host ini akan digunakan untuk menyimpan Ip Address dari Komputer dengan memanggil method InetAddress.getLocalHost(). Selanjutnya ada perulangan yang digunakan untuk kondisi jika Ip Address yang digunakan tidak terbaca, jika Ip Address nya terbaca maka akan langsung ditampilkan Ip Address tersebut.

Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :


  2. GET NAME

Penjelasan dibawah ini merupakan penjelasan bagaimana cara untuk mendapatkan nama computer atau laptop yang kita gunakan pada pemrograman jaringan dengan menggunakan Java. Berikut source code beserta dengan penjelasannya :


Program kedua ini hampir sama seperti sebelumnya, hanya saja yang ditampilkan dari Sintaks diatas adalah Nama dari Komputer/Laptop yang digunakan. Dimana Class getName ini akan mencetak Nama Komputer Anda menggunakan method yang sama seperti latihan sebelumnya yaitu InetAddress.getLocalHost. Nama Komputer yang digunakan dipanggil dengan sintaks host.getHostName().

Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :


  3. IP TO NAME

Penjelasan dibawah ini merupakan penjelasan bagaimana cara untuk mendapatkan nama computer atau laptop yang kita gunakan dengan memasukkan alamat IP Address laptop dengan menggunakan Java. Berikut source code beserta dengan penjelasannya :

Dalam program diatas terdapat Class IPtoName yang memiliki sebuah kondisi jika panjangnya IP=0, maka akan ditampilkan “Pemakaian : Java IPtoName <IP Address>”, jika tidak maka langsung tampilkan Nama Komputer dengan sintaks address.getHostName. Pada blok program diatas juga terdapat penanganan error Try-catch, fungsinya untuk menampilkan pesan jika terjadi error.
Dimana pada fungsi Try akan menjalakan InetAddress.getByName(host) yang disimpan ke variabel address untuk menampilkan Nama Komputer berdasarkan Hostname. Jika tidak program akan menjalankan Catch dengan menampilkan pesan “invalid IP – malformed IP”.

Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :


  4.  NSLOOKUP

Penjelasan dibawah ini merupakan penjelasan bagaimana cara untuk mendapatkan alamat IP Address dengan hostname pada pemrograman jaringan dengan menggunakan Java. Berikut source code beserta dengan penjelasannya :

Program ini hampir sama seperti program sebelumnya hanya saja yang ditampilkan adalah IP address sesuai dengan Nama Komputer. Dimana Class NsLoookup ini memiliki sebuah kondisi jika panjangnya IP=0, maka akan ditampilkan “Pemakaian : Java NsLookup <hostname>”, jika tidak maka langsung tampilkan IP Addres dari Nama Komputer yang digunakan. pada blok program diatas juga terdapat penanganan error Try-catch, fungsinya untuk menampilkan pesan jika terjadi error.
Dimana pada fungsi Try akan menjalakan InetAddress.getByName(host) yang disimpan ke variabel address untuk menampilkan Nama Komputer berdasarkan Hostname. Jika tidak program akan menjalankan Catch dengan menampilkan pesan “Unknown Host”.

Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :



  5. Aplikasi CLIENT – SERVER

Penjelasan dibawah ini merupakan penjelasan bagaimana cara untuk membuat program  atau aplikasi Client – Server pada pemrograman jaringan dengan menggunakan Java. Berikut source code beserta dengan penjelasannya :

# Pada Server


Mula-mula program akan mengimport seluruh fungsi yang terdapat dalam librari java.net dan java.io, kemudian program akan mendeklarasikan variabel TESTPORT yang bertipe data integer sebagai alamat port yang akan digunakan program, dan juga program akan mendeklarasikan variabel checkServer, line, is, os, dan cliensocket.

Selanjutnya program akan menguji port yang diberikan dengan menginisialisasi objek ServerSocket dengan argumen TESTPORT kemudian program akan mencetak “Aplikasi Server hidup …”, apabila terjadi kesalahan maka akan dilakukan eksepsi IOException,

Kemudian program akan mencoba menerima data yang dikirimkan dari client dengan menggunakan fungsi accept(). lalu program akan menciptakan inputan dan aliran output untuk client berdasarkan value yang diperoleh dari client.

Selanjutnya program akan mengecek isi dari inputan yang diberikan oleh client, apabila data tersebut berisikan “salam” maka program akan mengirimkan output “salam juga” kepada client, slain dari itu program akan mengirimkan “Maaf, saya tidak mengerti”.
Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

# Pada Client










Awalnya program akan mengimport seluruh fungsi yang terdapat dalam librari java.net dan java.io, kemudian program akan mendeklarasikan variabel TESTPORT yang bertipe data integer sebagai alamat port yang akan digunakan program, dan juga program akan mendeklarasikan variabel cl, stdin, is, os, userInput, dan output.
Selanjutnya program akan mengecek apakah ip yang diberikan sebagai argumen merupakan host yang sedang menjalankan program server. kemudian program akan meminta user untuk memberikan inputan sebagai data yang akan dikirimkan ke server, setelah data dikirimkan program client akan langsung menerima hasil yang dikirimkan oleh server.
Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

One Direction akan difilmkan dalam format 3D

Konfigurasi WEB Server Pada Debian 6

METODE GREEDY , DIVIDE & CONQUER